Yuslih Ajarkan Pentingnya Budaya Menabung Sejak Dini

Yuslih Ajarkan Pentingnya Budaya Menabung Sejak Dini

Ingatkan anak Anda tentang slogan ‘hemat pangkal kaya’, secara tidak langsung itu dapat memotivasi anak untuk lebih rajin menabung. Manfaat menabung yaitu salah satunya adalah menghindari anak Anda untuk berperilaku konsumtif. Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini – Anda sulit mengatur keuangan? Mungkin Anda dulu dibebaskan untuk mengelola uang sendiri, namun tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang bagaimana cara menghemat uang. Meskipun awalnya tak ada tujuan melainkan hanya untuk menabung saja, uang tabungan yang selama ini saya kumpulkan di rekening tak ber ATM itu akhirnya saya cairkan untuk modal nikah. Entah bagaimana mulanya ia mulai bertanya tentang bagaimana cara saya mengatur keuangan.

pentignya menabung

Menabung pun bisa dilakukan di mana saja, salah satunya bisa dilakukan di bank-bank yang kredibilitasnya terpercaya. Sebagai buruh migran di Malaysia, kita bisa menabung lewat bank-bank yang membuka cabang di sini seperti bank Mualamat, BRI, Mandiri atau BCA. Oleh karena itu, penting bagi para peserta didik meningkatkan kesadaran menabung dan meningkatkan kemampuan literasi keuangan. Dengan begitu peserta didik dapat menerapkan dan mampu mengambil keputusan dengan tepat sekaligus mempertanggungjawabkan atas keputusan keuangan yang dibuatnya.

Menabung menjadi suatu cara terbaik untuk membuat kondisi finansial lebih baik di masa depan. Namun, banyak yang belum mengetahui betapa pentingnya menabung, terutama untuk kalangan anak muda. Apabila tabungan anak sudah mencapai 25% dari complete yang ia inginkan, Anda bisa memberikan anak hadiah agar ia tambah semangat mengumpulkan uang tabungan. Ya, menabung dengan konsisten ternyata membangun kebiasaan menepati janji.

Dengan menabung, seorang bisa terhindarkan dari hutang ketika tiba-tiba harus mengeluarkan pengeluaran untuk hal darurat seperti sakit dan sebagainya. Tabungan yang mencukupi bisa menambal pengeluaran yang tak bisa ditutup dari pendapatan rutin bulanan. Sesuai dengan filosofi pakemnya sejak dulu, menabung yakni mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk kebutuhan masa depan, baik kebutuhan yang sudah terencana maupun kebutuhan mendesak. Padahal di usia yang muda seharusnya Anda memanfaatkan waktu untuk berinvestasi lebih agresif agar bisa mendapatkam imbal hasil yang optimum di masa depan. Mungkin alasan tersebut terlihat masuk akal, namun Anda mungkin akan terkejut melihat fakta saat tidak mempersiapkan tabungan dan investasi mulai saat ini. Banyak orang berpikir bahwa menabung bukanlah prioritas karena penghasilan yang masih sangat rendah saat ini.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, tradisi menabung yang sudah diterapkan sejak kecil seakan hilang ditelan bumi. Bahkan, tak sedikit orang yang selalu gagal menabung dengan alasan tingginya kebutuhan hidup. Untuk sebagian orang di Indonesia, suggestions menabung dengan menggunakan metode Kakebo terbilang masih asing. Pasalnya, setiap di Indonesia sendiri memiliki cara menabung sendiri yang sudah ada sejak dahulu. Misalnya, seseorang yang sudah terbiasa menabung sebelum membeli sesuatu yang diinginkan tentu akan merasakan bagaimana perjuangannya dalam mengumpulkan uang.

Jenis tabungan lain seperti deposito kemungkinan memberikan bunga lebih banyak. Sebenarnya inti dari menabung adalah untuk menyimpan uang agar bisa digunakan di kemudian hari. Jadi, Anda tidak akan memikirkan apakah nantinya akan bertambah atau malah berkurang. Yang jelas, setiap tabungan ada biaya administrasinya yang harus akan dipotongkan langsung setiap akhir bulan. Mau menyimpan uang kapan saja tidak masalah karena sudah bisa melakukan switch langsung. Yang paling penting dalam satu bulan harus konsisten untuk menyetorkan uang dengan jumlah tertentu.

Contoh paling sederhana adalah menyisihkan uang untuk membeli mainan kesukaannya. Cara ini dapat meningkatkan semangat si kecil untuk menabung dan mengatur keuangannya agar tujuannya cepat tercapai. Ketika kamu memiliki kemampuan dalam manajemen keuangan yang baik maka kamu bisa menabung dengan mudah. Setiap kamu memiliki uang, atau mungkin mendapatkan uang dari orang tua maka kamu bisa mengelola dengan baik dan bisa menabungnya. Kebanyakan orang tua mengajarkan anak-anaknya untuk menabung sejak masih kecil.

Anda bisa melakukan setoran secara rutin hingga akhirnya anak membutuhkannya untuk sekolah. Menabung merupakan kegiatan yang baik untuk dipupuk sejak dini, karena dengan melatih menabung dapat memberikan dampak positif untuk kehidupan mendatang. Manfaat atau kelebihan ketiga yang bisa dirasakan para remaja ketika mereka mulai belajar untuk mengelola keuangan mereka adalah mereka bisa melatih kemandirian mereka. Mungkin memang masih remaja, namun pengetahuan atau informasi mengenai keuangan dan bagaimana mengelolanya dengan baik harus mulai dipelajari sejak dini karena itu banyak sekali manfaatnya.

Dengan Goal Saver, nasabah memiliki keleluasaan untuk mengatur periode tabungan termasuk jangka waktu dan nilai target, serta mudah untuk mengatur jumlah setoran awal untuk disimpan dan setoran rutin per bulan-nya. Nasabah juga akan diberikan hadiah jika mencapai tujuan mereka dan menunjukkan perilaku keuangan yang baik, untuk memberikan motivasi dan insentif membangun kebiasaan pengelolaan keuangan yang tepat. Pengguna internet di Indonesia jumlahnya mencapai 202 juta orang dengan 98% populasi memiliki cell phone, dan aplikasi cellular yang paling banyak digunakan adalah social media dan buying software. Aplikasi perbankan dan keuangan juga banyak digunakan dan jumlah penggunanya meningkat yakni hampir 40% dari pengguna web mengakses aplikasi tersebut. Selain membantu mereka untuk menjadi sukses di masa depan, kebiasaan menabung juga menopang beberapa sifat dan kebiasaan baik lainnya untuk kepribadian anak. Tanpa basa basi lagi, yuk kita bahas 5 manfaat menabung sejak usia dini.

Alhasil, ia pun semakin semangat untuk menambah isi celengan tersebut. Jika kamu adalah pemula, sebaiknya mencoba memulai investasi dengan junlah yang kecil terlebih dahulu. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena sebagai sarana menumbuhkan rasa kepercayaan diri dalam berinvestasi. Semua orang sadar jika uang merupakan sesuatu yang amat dibutuhkan di zaman seperti sekarang. Bagaimana tidak, untuk bisa melakukan segala sesuatu kamu pasti harus bayar.

Comments are closed.