Perbedaan Tabungan Dan Investasi Yang Perlu Diketahui

Perbedaan Tabungan Dan Investasi Yang Perlu Diketahui

Menabung kebiasaan yang sangat baik, tapi jika ingin keuntungan yang lebih, berinvestasilah. Dengan semakin tingginya pemahaman akan keuangan dan juga demi menyiapkan masa tua yang lebih baik, kini sudah tidak sedikit orang yang memulai investasi. Meski bentuk dan skala investasi yang dilakukan bisa berbeda, setidaknya saat ini orang-orang sudah tidak lagi anti atau takut untuk mencoba.

Aplikasi belanja dengan segala promosinya dan pemesanan makanan secara on-line juga merupakan salah satu pengeluaran yang cukup menguras kantong dan terkadang tidak disadari karena nilainya kecil. Dengan cara ini, mungkin anda akan memikirkan lebih dalam untuk pengeluaran yang bernilai besar , tapi pengeluaran yang kecil-kecil dan berulang juga menjadi salah satu yang menguras tabungan. Langkah ketiga, ajari anak Anda untuk mampu menyimpan dan “mengembangbiakkan“ uangnya. Pelajaran ini berguna bagi anak agar kelak dapat sejahtera secara finansial. Aset berharga yang kamu miliki inilah yang akan menjadi modal awal kamu dalam mendapatkan keuntungan investasi di masa yang akan datang. Karena jika kondisi keuangan kamu masih dalam keadaan yang tidak menentu maka bisnis investasi yang akan jalankan pun tidak akan berjalan dengan lancar.

Investasi bisa membantu kamu untuk mewujudkan tujuan mimpi kamu. Bank Mandiri misalnya memberikan limit transaksi sebesar Rp 1 juta per hari. Sedangkan di Bank BNI nasabah bisa menarik dana minimum Rp 100 ribu dan cuma bisa dilakukan maksimal dua kali per bulan. Tapi buat yang pengin deposito, kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp 10 juta. Karena menjadi tempat untuk mendapatkan produk keuangan, fasilitas yang dimiliki financial institution udah cukup memadai dan bisa melayani sejumlah produk keuangan dari financial institution. Jadi, sangat mudah diketahui ketahanan keuangan dari financial institution tersebut.

Sebaiknya Anda tidak menggunakan instrumen investasi untuk membiayai kebutuhan jangak pendek (bulanan, 1-2 tahun ke depan). Yaitu, untuk bisa membeli rumah idaman mungkin tahun kemudian dan untuk biaya kuliah anak-anak mereka, serta untuk biaya hidup saat pensiun. Investor saham syariah bisa memanafaatkan investasi di indeks saham syariah yang sudah ada seperti Indeks Saham Syariah Indonesia dan Jakarta Islamic Index . Penting bagi investor syariah untuk memerhatikan basis bisnis perusahaan dan fundamental keuangannya. Investor syariah harus membekali diri dengan pengetahuan dan mengejar keberkahan. Agar tidak terjebak dalam investasi bodong, Tirta memberikan beberapa suggestions.

Menabung dengan berinvestasi

Namun, seiring berjalannya waktu, risiko tersebut bisa terkompensasi dengan return yang dihasilkan. Namun perlu dicatat, agar emas tersebut bisa dijadikan sebagai bahan investasi yang menguntungkan, sangat disarankan untuk mengambil paket tabungan emas dalam gram yang lebih besar. Jangka waktu menabungnya memang lama, namun hasilnya pun akan lebih memuaskan. Memiliki pengalaman lebih dari four tahun di dunia on-line financing dan lending sebagai Content Marketer, sehingga dia sudah tidak asing lagi dengan dunia finansial dan investasi. Memiliki passion dalam merangkai kata dan menjadikannya sebuah informasi finansial yang bermanfaat dan mudah dimengerti. Berinvestasilah pada instrumen yang tepat menjanjikan keuntungan.

Jangka waktu penempatan deposito adalah selama 6 bulan dan 12 bulan, serta tidak dapat diperpanjang. Jika penempatan dana deposito selama three bulan, besaran bunganya 6,5% p.a sedangkan tenor 6 bulan, bunga deposito mencapai 7% p.a. Semakin banyak aset yang kamu miliki maka akan semakin besar pula keuntungan yang mungkin kamu dapatkan karena kamu tidak perlu mencari sumber dana lain untuk menanamkan modal.

Namun setiap bank biasanya punya ketentuannya masing-masing, salah satunya batas penarikan maksimal setiap bulan yang bisa dilakukan oleh nasabah. Meski namanya tabungan, tapi bukan berarti kamu menyetor dalam bentuk emas ya. Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas, Thomas Hadiwibowo, mengemukakan terdapat perbedaan antara menabung dan berinvestasi.

Dengan rutin melakukan investasi sejak dini, kita akan memiliki pundi – pundi tambahan penghasilan sehingga kita terbebas dari rasa khawatir tersebut. “Dalam perencanaan keuangan dan berinvestasi harus sesuai dengan kebutuhan, dan kebutuhan itulah yang menjadi tujuan investasinya,” tambahnya. Jika cara menabung dan berinvestasi sudah tepat seperti yang telah dijelaskan, impian mendapat rumah idaman bukan lagi sekadar angan-angan. Kenaikan harga rumah dan properti bisa disiasati dengan cara yang cerdas.

Namun, bila dilihat dari jenis investasi yang dipilih, emas yang lebih mudah digunakan dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Anggapan bahwa menabung dan investasi itu sama adalah keliru alias tidak benar, sebab keduanya memiliki arti yang berbeda. Menabung dan investasi, dikupas dari sisi definisi, karakteristik dan jenis produk, keduanya berbeda. Dari ulasan perbedaan tabungan dan investasi yang perlu diketahui di atas, anda sudah bisa memilih kapan anda harus menabung atau berinvestasi.

Imbal hasil investasi rata-rata lebih tinggi dari bunga tabungan. Menurut lembaga konsultan properti Knight Frank Indonesia, pertumbuhan harga tanah di Jakarta dan sekitar Jakarta sekitar 10% per tahun. Demikian pula jika kamu menginvestasikan uang di instrumen pasar keuangan seperti obligasi, reksa dana atau saham.

Comments are closed.