Ajarkan Anak

Ajarkan Anak

Namun sebagai bentuk penanaman modal, investasi sangat berguna untuk masa depan kamu. Secara berkala kamu akan menabung di financial institution dengan jumlah dana tertentu sesuai dengan goal keberangkatan. Namun di tengah jalan kamu punya kebutuhan darurat dan membutuhkan dana tambahan, kamu bisa sewaktu-waktu mengambil atau mencairkan tabungan kamu. Kita juga bisa langsung dibuatkan simulasi dan mengetahui risiko serta benefit atas produk yang kita beli secara jernih.

Jika memilih cara menabung, dana yang harus disiapkan idealnya sekitar 10% dari penghasilan yang didapat per bulan. Katakanlah penghasilan Anda per bulan Rp 8 juta, maka setiap bulannya ada Rp 800 ribu – 1 juta yang disisihkan untuk menabung membeli rumah. Tidak bisa dipungkiri, memang, menabung dan investasi merupakan keahlian tersendiri yang butuh banyak latihan. Setiap hari ada saja uang yang keluar dan masuk dalam dompet dan rekening.

Lebih baik, dahulukan salah satu bentuk investasi jangka pendek, yaitu menabung. Pasalnya, tabungan menjadi prioritas utama di atas investasi lain. Pilihan lain yang tersedia adalah memperpanjang waktu menabung dan memilih instrumen investasi, baik yang berbentuk reksadana berbasis fastened earnings atau logam mulia.

Menabung dengan berinvestasi

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa investasi juga memiliki risiko kerugian. Sampai sekarang investasi emas masih menjadi investasi yang populer di masyarakat. Emas pun cocok untuk paea investor yang memiliki preferensi faktor risiko rendah dan tahan terhadap laju inflasi. Jika dibandingkan dengan investasi lainnya, investasi emas tergolong sebagai investasi yang mudah dicairkan. Dia menjelaskan, menabung sendiri di rumah dengan celengan atau di bawah bantal tidak akan menambah nilai uangnya. Kemudian, jika menabung di financial institution, nasabah memang akan mendapat bunga setidaknya 5 persen.

Selain itu, isi rekening kamu hanya akan dipotong biaya administrasi bulanan sesuai produk financial institution yang diambil. Sedangkan berinvestasi merupakan aktivitas menyimpan dana jangka panjang dalam bentuk penanaman modal pada instrumen tertentu. Bukan tanpa alasan, menabung dan berinvestasi sangat bermanfaat supaya memiliki dana darurat. Selain itu, kebanyakan produk investasi memiliki tenor pencairan. Jadi, dana yang kamu alokasikan untuk investasi tidak bisa ditarik secara mendadak dan proses pencairan cenderung lebih lama dari menabung.

Investasi dan menabung memiliki perbedaan dalam jangka waktu pencairan. Biasanya investasi memiliki jangka waktu yang lebih panjang dibanding dengan menabung yang dananya sewaktu-waktu dapat diambil atau digunakan. Dibandingkan dengan menabung, pasti investasi memiliki keuntungan yang lebih besar apabila aset yang dibeli nilainya meningkat.

Tips menabung selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar dapat beli rumah adalah dengan membuat rekening tabungan yang tidak bisa diambil. Tapi, selama 10 tahun terakhir, harga logam mulia ini selalu menanjak naik. Dan sangat sulit untuk memprediksi pergerakan harganya dalam 2-3 tahun ke depan.

Adapun minimal dari jumlah dana yang dideposit tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan sekuritas. Maka dari itu, sebelumnya kamu harus meregistrasikan diri untuk memiliki rekening saham ini. Maka dari itu, sekarang ini banyak pemula yang sudah melek berinvestasi karena lebih mudah dilakukan.

Namun keuntungan tersebut tentu berbanding lurus dengan risikonya. Semakin besar keuntungan Anda, semakin tinggi pula risiko yang dihadapi. Produk pendanaan Pintek berbiaya ringan, berbunga terjangkau, serta syarat pengajuannya mudah. Kunjungi web site Pintek untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk yang Anda butuhkan. Kumpulan modal dari masyarakat ini selanjutnya akan dikembangkan dalam portofolio efek.

Dengan begitu, kamu bisa mengalokasikan nilai yang tepat untuk investasi dan tabungan. Harapannya tentu saja agar bisa mempermudah kamu mencapai tujuan keuangan saat ini atau di masa depan. Meski keduanya baik, menabung dan investasi memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Keadaan keuangan bisa lebih baik jika memahami perbedaan keduanya.

Comments are closed.